Rabu, 06 Maret 2013

Benda kreatif dari kardus (cardbox)


Papan surfing dari kardus

cardboard-surfboard-1.jpg
cardboard-surfboard-2.jpg
link
Karena menyadari bahwa banyak [papan surfing dibuat dari bahan- bahan yang tidak ramah lingkungan, Mike Sheldrake, seorang desainer dari California membuat papan surfing yang memiliki kerangka berupa 400 kepingan kardus yang dirangkai menjadi satu dan dilapisi fiberglass agar tahan air.

Mebel dari kardus

Giles miller cardboard furniture
Innovative cardboard furniture
link
Pembuatan mebel dari kardus ini dipelopori oleh  Frank Gehry, seorang arsitek terkenal di dunia membuat berbagai furniture dari kardus untuk bahan mengajarsejak awal 1970. Ia membuat berbagai kursi dan meja, bahkan ebagian karyanya kini menjadi bagian dari Guggenheim Museum di New York, Amerika Serikat.

Jembatan kardus

shigeru ban, paper bridge, cardboard bridge, structural cardboard, bridge

link
Jembatan yang berfungsi untuk pejalan kaki ini dibuat sepenuhnya dengan menggunakan kardus.  Shigeru Ban arsitek jenius yang memprakarsainya menunjukkan bukti kemampuan arsitek untuk menciptakan hal- hal baru ayng ramah lingkungan. Jembatan ini mampu dinaiki 20 orang bersamaan, melintasi sungai Gardon di Selatan Perancis.

Speaker kardus


link
Sebuah ide inovatif dari MUJI, perusahaan dari Jepang yang terkenal dengan karya- karya inovatif yang sederhana. Speaker mini ini dikemas dalam kemasan yang relatif tipis dan terdiri dari beberapa komponen saja. Komponen terbesar adalah selembar kardus yang harus dirangkai untuk menjadi kotak speaker. Tidak disebutkan kualitas suara dari speaker ini, namun ide yang sangat menarik dan ramah lingkungan.
Sepeda kardus
cardboard bicycle, cardboard bike, bike made from cardboard, eco-friendly bicycle, cardboard bike Phil Bridge, student design bicycle, Sheffeld England student design, cardboard bike, transportation tuesday, cardboard2.jpg
cardboard bicycle, cardboard bike, bike made from cardboard, eco-friendly bicycle, cardboard bike Phil Bridge, student design bicycle, Sheffeld England student design, cardboard bike, transportation tuesday, cbbike1.jpg
link
Sepeda ini dibuat oleh seorang mahasiswa desain, Phil Bridge. Hampir sebagian besar komponen sepeda ini (kecuali ban, roda penggerak, dan rantai), terutama kerangka terbuat dari corrugated box yang kerangkanya berbentuk heksagonal. Sepeda yang dibuat dari nol dengan biaya $30 ini mampu menahan beban pria dewasa.

Flashdisk dari kardus



link
Harga flashdisk saat ini semakin murah, dengan inovasi dari Art Lebedev Studio, perusahaan kreatif dari Rusia ini, harga flashdisk dijamin akan turun lagi. Flashdisk made in Rusia ini memiliki kemasan yang terbuat dari kardus daur ulang, bukan dari plastik keras seperti produk- produk yang lain. Fungsinya tetap sama, namun lebih ramah lingkungan meski menurut saya lebih tidak tahan cuaca.

Tas laptop dari kardus

cardboard.jpg
link
Tas ini adalah hasil desain dari Giles Miller. Terbuat dari corrugated box, yang ringan dan aman terhadap benturan.

Rumah mainan dari kardus

Folding Playhouse
Pop Up Playhouse
My Space by Liya Mairson

link
Anak kecil sangat menyukai permainan rumah- rumahan di mana mereka bisa masuk dan bermain di balamnya. Bagi anak yang beruntung mereka dapat memperoleh tree house, namun bagi yang kurang beruntung mereka mungkin hanya mendapatkan kardus bekas TV atau lemari pendingin (seperti anak saya:)). Liya Mairson, desainer industri berbakat memberi solusi yang murah dan ramah lingkungan, sebuah rumah- rumahan yang lengkap dengan segala perlengkapannya dari kardus daur ulang.


http://smallidea.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar