Jumat, 01 Maret 2013

Yuk Kenali Tipe dan Jenis Plastik Disekitarmu!


jenis dan kategori plastik

“Teman-teman mari kenali kegunaan dan hasil daur ulang 7 tipe dan jenis plastik disekitarmu”
Apakah kalian tahu, ada beberapa tipe dan jenis plastik di sekitarmu? Setiap tipe dan jenis plastik ditandai dengan sebuah angka didalam sebuah segitiga yang terbuat dari panah. Jumlah ini adalah identifikasi resin kode atau bahasa lainnya Resin Identification Code (RIC). Tipe dan jenis plastikdiklasifikasikan kedalam nomor. Dimulai dari nomor 1 hingga nomor 7, dan semua angka-angka tersebut mewakili berbagai tipe dan jenis plastik dengan titik leleh yang berbeda loh!
jenis dan ketegori plastik
Sebenarnya untuk apa gunanya kita mengetahui tipe dan jenis plastik itu? Selain dengan tepat memberitahukan kalian tentang tipe dan jenis plastik, hal ini juga memberikan pengetahuan untuk kalian agar lebih bijak dan cerdas dalam melakukan daur ulang terhadap plastik-plastik sesuai dengan tipe dan jenis nya.
Nah… Seperti apa sajakah tipe dan jenis plastik itu sebenarnya? Yuk, kenali tipe dan jenis plastik disekitarmu!
jenis dan tipe plastik
1. PET – (PolyEthylene Terephthalate)
PolyEthylene Terephthalate Logo
Tipe dan jenis plastik PET (PolyEthylene Terephthalate) memiliki titik leleh atau lebur yang sangat tingi. Botol air mineral, botol minuman bersoda, botol shampoo, botol obat kumur dan botol untuk selai roti merupakan beberapa contoh jenis dan tipe plastik berjenis PET ini. Daur ulang plastik berjenis jenis dan tipe PET dapat dibuat sebagai karpet dan juga pakaian berbahan polyester.
2. HDPE – (High Density PolyEthylene)
High Density PolyEthylene_Logo
High Density Polyethylene (HDPE) adalah salah satu tipe dan jenis plastik yang paling umum digunakan di Amerika Serikat. Kantong plastik, botol susu, botol diterjen, botol lotion dan botol-botol alat kecantikan dan mandi, merupakan beberapa contoh kegunaan jenis dan tipe plastik HDPE di kehidupan sehari-hari. Daur ulang HDPE difungsikan untuk memproduksi produk rumput dan taman, ember,  alat-alat perkantoran dan suku cadang kendaraan bermotor.
 3. Vinyl – PVC (PolyVinyl Chloride)
PolyVinyl Chloride_Logo
Vinyl tidak dibuat dengan bahan alami, namun tipe dan jenis plastik ini dibuat oleh manusia. Vinyl adalah jenis dan tipe plastik yang dibuat dari etilena yang biasa ditemukan dalam minyak mentah dan klorin yang biasa ditemukan dalam garam biasa. Vinyl merupakan jenis plastik yang sangat berbeda dengan plastik lainnya. Vinyl dapat dengan mudah didaur ulang karena daya tahan nya. Vinyil merupakan produk yang terbuat dari bahan yang memiliki jangka hidup yang panjang. Tipe dan jenis plastik vinyl biasa digunakan untuk botol minyak goreng, untuk pengepakan kemasan daging segar dan terkadang tipe dan jenis plastik vinyl digunakan untuk produk-produk berbahaya seperti botol alat pembersih kaca.
4. LDPE (Low Density PolyEthylene)
Low Density PolyEthylene_Logo
Low Density PolyEthylene (LDPE) adalah termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Tipe dan jenis plastik LDPE biasa digunakan sebagai plastik roti, plastik makanan beku (frozen plastic bags) dan wadah untuk mentega dan margarin. Produsen biasa menggunakan LDPE untuk menciptakan berbagai macam produk plastik, dari pasokan medis hingga pelapis kertas (paper coatings).
5. PP (PolyPropylene)
PolyPropylene_Logo
PolyPropylene (PP) adalah tipe dan jenis plastik polimer termoplastik yang digunakan dalam berbagai macam aplikasi termasuk kemasan dan pelabelan. Selain itu hasil daur ulang PolyPropylene dapat diproduksi untuk berbagai macam produk tekstil (misalnya tali dan karpet), alat tulis, peralatan laboratorium dan  komponen otomotif.
6. PS (PolyStyrene)
PolyStyrene_Logo
Tipe dan jenis plastik PolyStyrene (PS) digunakan hanya untuk bahan-bahan eksklusif seperti stereofoam, gelas dan piring plastik dan juga karton untuk telur. PolyStyrene adalah salah satu jenis dan tipe plastik yang paling banyak digunakan. Skala penggunaan nya kini sudah menjadi miliaran kilogram per tahun. Daur ulang PolySyrene umumnya digunakan dalam pembuatan kemasan busa pelindung, isolasi, kaset video, mainan, dan produksi meja kantor.
7. Others
Jenis Plastik_Logo
Tipe dan jenis plastik ini merupakan kategori dari semua jenis lainnya dari plastik. Tipe dan jenis plastik ini biasa digunakan sebagai galon air mineral dan beberapa juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk botol jus.

Source: Compiled from various sources (2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar